Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Muhammadiyah Malang
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Muhammadiyah Malang

Komunikasi UMM Sosialisasikan Literasi Media di SMKM 2 Pagak

Author : Administrator | Selasa, 05 April 2016 09:58 WIB
Berita UMM
Nurudin saat memberikan materi manajemen media sekolah. (Photo by: Muhammad Zulfikar Akbar)

TIM Literasi Media yang terdiri dari tiga dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), yaitu Nurudin MSi, Novin Farid Styo Wibowo  MSi dan Isnani Dzuhrina MAdv melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui sosialisasi melek media pada SMK Muhammadiyah 2 Pagak, Kabupaten Malang, Sabtu (2/4).

      Nurudin, yang memimpin jalannya sosialisasi ini menyebutkan, kegiatan ini dibagi menjadi tiga kelas, yang pertama kelas literasi media, kedua kelas manajemen media sekolah, dan ketiga kelas membuat media presentasi yang baik dan benar. “Ini merupakan bentuk pengabdian kami kepada masyarakat, terutama sekolah Muhammadiyah,” ujarnya.

      Di kelas media literasi yang diikuti sekitar 18 siswa, Novin Farid Styo Wibowo  MSi banyak memberikan materi tentang tayangan-tayangan televisi yang baik untuk ditonton. Materi disampaikan dengan memutar video-video terkait media literasi, dan meminta siswa kritis dengan menanggapi video tersebut. Selain itu, mereka diminta untuk membuat daftar tayangan-tayangan televisi apa saja yang baik dan tidak baik untuk ditonton.

      Sementara di kelas membuat media presentasi, Isnani Dzuhrina MAdv memberikan materi dan teknik-teknik membuat media presentasi yang baik. Sebelum memberikan materi, ia meminta ke-19 siswa di kelasnya untuk membuat media presentasi yang dibandingkan saat siswa mendapatkan materi dari Isnani.

      Tak ketinggalan, di kelas manajemen media sekolah, Nurudin mengajarkan dasar-dasar jurnalistik kepada 20 siswa di kelasnya. Selain memberikan materi dan teknik-teknik menulis serta manajemen media sekolah, ia kemudian meminta para siswa membentuk manajemen redaksi kecil yang akan menjadi cikal bakal media sekolah. Untuk latihan, mereka kemudian diminta untuk melakukan liputan di sekitar sekolah tersebut. Hasil liputan kemudian dikumpulkan dan dikoreksi bersama.

Kepala SMKM 2 Pagak, Sukadi SPd, mengatakan sangat terbantu dengan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Komunikasi UMM. “Kami ini kan masih kurang wawasan di luar. Dengan kehadiran dari UMM ini diharapkan bisa menambah wawasan kami sehingga siswa siswi kami juga meningkat wawasan dan kualitasnya,” kata Sukadi. 
Ia kemudian berharap kerjasama antara UMM dan SMKM 2 Pagak dapat terus berlangsung. “Kalau perlu kegiatan ini akan terus berkelanjutan,” pungkasnya. (zul
/han HUMAS)

Template Bagian Isi Berita.Template Bagian Isi Berita.Template Bagian Isi Berita.Template Bagian Isi Berita.

Shared:

Komentar

Tambahkan Komentar


characters left

CAPTCHA Image