Rabu, 04 Maret 2020 10:27 WIB    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

             Meningkatkan jumlah minat calon mahasiswa baru (camaba) tidak hanya dilakukan dengan menggunakan strategi konvensional saja (promosi door to door). Namun image building menjadi salah satu strategi yang dilakukan oleh FISIP untuk meningkatkan minat camaba pada FISIP UMM. Selain itu juga harus ada koordinasi sinergis antara bidang kehumasan dan bidang penerimaan mahasiswa baru demi meningkatkan preferensi camaba pada FISIP. Untuk itu, demi menguatkan sinergi, hari ini Dekanat, Humas UMM, Humas FISIP dan perwakilan prodi melakukan koordinasi terkait kehumasan dan penerimaan camaba. Koordinasi dilakukan di Ruang Sidang 611 pada 4 Maret 2020.

       Menurut Kettler, pakar manajemen pemasaran, kualitas produk yang konsisten dengan kemasan kesan yang baik akan efektif untuk meningkatkan jumlah “konsumen” dalam hal ini adalah camaba. Pelayanan prima untuk mahasiswa adalah salah satu bentuk strategi yang dilakukan FISIP UMM untuk meningkatkan animo calon mahasiswa baru di FISIP UMM. Sejumlah kegiatan telah dilakukan FISIP UMM.  Diantaranya adalah memperbaiki kualitas pelayanan kepada mahasiswa dengan mengikut sertakan dosen dan staf pada kegiatan SUPER UMM. Dekan FISIP UMM, Dr.Rinikso Kartono, M.Si mengatakan strategi yang dilakukan FISIP tidak hanya promosi konvensional namun juga menggunakan strategi komprehensif lainnya. ” Kita menggunakan strategi menjadikan alumni sebagai mitra strategis fakultas. Selain itu juga berupaya memperbaiki sistem administrasi melalui peningkatan pelayanan personal kepada mahasiswa. Dekanat juga berupaya untuk standby di fakultas untuk mempermudah layanan pada mahasiswa,” ungkap Rinikso.

          Selain pelayanan prima untuk mahasiswa, FISIP juga aktif membuat counterpart dengan mass media dan institusi luar negeri. Kerjasama alumni dan pelayanan personal juga menjadi fokus FISIP. Sebab faktanya, sebanyak 80% camaba FISIP dari tahun-tahun sebelumnya mendapat informasi tentang FISIP dan tertarik untuk masuk FISIP dari alumni FISIP UMM. Berdasarkan data tersebut, peran alumni tentu sangat besar bagi penerimaan mahasiswa baru di FISIP. Untuk mengoptimalkan relasi tersebut, alumni dilibatkan dalam sejumlah program kerjasama di fakultas.

           Dalam bidang kehumasan, Humas UMM yang juga dosen Ilmu Komunikasi. Sugeng Winarno, M.A mengatakan bahwa perlu strategi yang peka terhadap selera pasar atau calon “konsumen” akademik. Sebab yang menjadi target pasar dari UMM adalah kaum milenial, alias camaba yang secara rentang usia masuk generasi milineal yang memiliki karakteristik berbeda. Untuk itu dalam menyusun kemasan pesan untuk menarik minat camaba harus menyesuaikan dengan kegemaran dari generasi milenial ini. “Kita harus peka pada perkembangan jaman serba digital ini. Strategi konvensional tetap penting namun strategi digital juga penting sekali,” jelas alumni Curtin University ini. (wnd)

×